2000 Warga Kab Serang Terima Kompensasi Rp6,2 miliar dari Pertamina

2000 Warga Kab Serang Terima Kompensasi Rp6,2 miliar dari Pertamina Penyerahan kompensasi kepada warga. Sumber Foto: Pemkab Serang

Kabupaten Serang, Jurnal Jabar – Sebanyak 2.143 warga di lima kecamatan se-Kabupaten Serang yang terdampak tumpahan minyak Karawang pada 2019 mendapatkan kompensasi dari Pertamina sebesar Rp6,2 miliar. Bupati, Ratu Tatu Chasanah, mengatakan warga yang terdampak merupakan kelompok nelayan, pembudidaya ikan, pembudidaya rumput laut, pembudidaya ikan keramba jaring apung, dan kelompok pemasaran hasil perikanan.

Insya Allah, semua terdata rapih dan tidak ada yang tertinggal. Penerima sudah terdata oleh tim, tergantung berat ringan dari yang terdampak. Besaran nominalnya tidak sama,” ujarnya usai pemberian kompensasi di Kecamatan Pontang pada Senin (14/3).

Ia mengatakan pemberian kompensasi ini melibatkan Pertamina, Pemkab Serang, kecamatan, hingga desa. Penetapan jumlah pembagian kompensasi kepada wargapun diberikan secara adil sesuai jumlah luasan terdampak.

"Memang beda besarannya mungkin yang terima jangan loh kok ini lebih besar ini sudah melalui penilaian. Kita betul betul melihat berat sedang ringan dampak yang dialami," imbuhnya.

Tatu berharap kompensasi yang diberikan dapat digunakan untuk peningkatan usaha dan tidak digunakan untuk hal-hal yang bersifta konsumtif.

“Kompensasi diberikan melalui jalur tiga bank, semua melalui rekening, tidak ada yang berkurang satu rupiah pun,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Suhardjo, mengatakan pihaknya bersama Pertamina, penyuluh perikanan, hingga sekolah tiggi perikanan telah melakukan pendataan dampak tumpahan minyak yang terjadi di Karawang dan mengalir ke Kabupaten Serang pada Agustus 2019.

"Pokja melakukan verifikasi dan validasi masyarakat terdampak," terangnya.