2019, Dishub: Tol Bocimi Beroperasi hingga Sukabumi

 2019, Dishub: Tol Bocimi Beroperasi hingga Sukabumi Ilustrasi Tol Bocimi. (Foto: Ist)

SUKABUMI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) memperkirakan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dapat beroperasi hingga Sukabumi pada 2019 mendatang.

Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana mengatakan, saat ini baru sesi I yang dioperasikan. Akan tetapi, mampu mengurangi waktu tempuh menuju Ciawi. Padahal, jika melalui jalur utama memakan waktu satu hingga dua jam tetapi kini hanya 15 menit.

"Belum lama ini Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Bocimi sesi I yakni dari Ciawi hingga Cigombong, Kabupaten Bogor dengan panjang 15,35 km. Saat ini pembangunannya sudah mulai masuk sesi II yakni Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi," kata Hendrayana di Sukabumi, Minggu (9/12).

Untuk jalan bebas hambatan sesi II rencananya akan dibangun sepanjang sekira 11,9 km. Menurutnya, dipercepatnya pembangunan jalan tol oleh pemerintah pusat tentunya membantu masyarakat Sukabumi yang ingin bepergian ke Bogor maupun Jakarta.

Terlebih jika sesi II dioperasionalkan, tentunya akan lebih mempercepat waktu tempuh dan bisa mengurai kemacetan yang kondisinya kian kronis.

Dishub Kabupaten Sukabumi, kata dia, terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait megaproyek sarana perhubungan darat tersebut. Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi turut aktif dalam proyek tersebut dengan rajin sosialisasi pembebasan lahan atau rumah yang terkena dampak. Tentunya dengan memberikan harga yang setimpal.

"Jalan tol merupakan mimpi warga Sukabumi sejak puluhan tahun lalu. Bahkan pembangunannya sempat mangkrak dua kali sehingga pemerintah pusat kali ini mengambil alih dan akhirnya bisa terwujud," ujarnya.

Hendrayana mengatakan, pembangunan konektivitas perhubungan di Kabupaten Sukabumi tidak hanya Tol Bocimi, melainkan ada jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor dan dalam waktu dekat pembangunan Bandara Sukabumi pun akan terwujud. (Ant)