2019, Pemkot Bekasi Boyong 24 Penghargaan

2019, Pemkot Bekasi Boyong 24 Penghargaan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke 71, di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, pada Kamis (26/12/2019). (Foto: Dokumentasi Pemkot Bekasi).

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi menerima 24 penghargaan sepanjang 2019. Capaian prestasi itu diberikan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pihak swasta.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah, mengatakan prestasi yang berhasil diraih ini telah mendorong semangat aparatur dan masyarakat, dalam menyongsong visi misi Kota Bekasi.

"Prestasi ini hasil dari jerih payah bersama membangun peradaban masyarakat Kota Bekasi sesuai visi misi Pemkot Bekasi mewujudkan masyarakat yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan," katanya di Bekasi, Kamis (26/12).

Ia menjelaskan pada awal tahun atau tepatnya 3 Januari 2019, Pemkot Bekasi berhasil menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat, sebagai salah satu Kota Terharmonis se-Indonesia. 

Penghargaan ini dilengkapi di awal Desember 2019, dengan meraih Penghargaan Kota Layak Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM.

Menurutnya, penghargaan ini buah dari kerja sama para unsur pimpinan daerah, guna menjaga kondusifitas di Kota Bekasi.

Sajekti mengapresiasi kondisi masyarakat yang heterogen dengan jumlah penduduk sekitar 2,6 juta jiwa. Tapi, keharmonisan antarumat beragama di Kota Bekasi bisa terbangun, apalagi masyarakat mampu menjaga nilai toleransi dan harmonisasi. Ini menjadi salah satu poin penting, dalam mewujudkan pembangunan masyarakat Kota Bekasi.

"Membangun masyarakat yang harmonis menjadi awal untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, sehingga berimbas pada iklim investasi dari pertumbuhan ekonomi masyarakat itu sendiri dan ini kami telah sadari bersama," ungkapnya.

Penghargaan terbaik lainnya yaitu dari Badan Pemeriksa Keuangan, yakni penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemkot Bekasi 2018. Penghargaan ini berhasil dipertahankan selama tiga tahun berturut-turut pada 28 Mei 2019.

Pada pertengahan Agustus 2019, Pemkot Bekasi melalui Bagian Humas meraih lima penghargaan dari Guberur Jawa Barat dan Komisi Informasi Jawa Barat pada Piala Humas Jabar 2019.

Kemudian Penghargaan Bidang Pelayanan Masyarakat, sebagai penyelenggara Pelayanan Publik kategori sangat baik dari Kemenpan RB pada 22 November 2019. (Ant).