Disdik Depok Beri Pembekalan Mitigasi Stunting bagi Guru PAUD

Disdik Depok Beri Pembekalan Mitigasi Stunting bagi Guru PAUD Simbol Unit Kesehatan Sekolah. Sumber: blitarkab.go.id

Kota Depok, Jurnal Jabar – Dinas Pendidikan (Disdik) Depok memberi pembekalan mitigasi stunting bagi tutor dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Rabu (10/8). Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD Dikmas Disdik Depok, Abdurrahman, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk mengoptimalkan peran guru dan tutor menjalankan mitigasi stunting melalui peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

"Tentunya, hal ini selaras dengan implementasi Sekolah Ramah Anak dan terwujudnya Depok Layak Anak," tuturnya.

Disdik ingin teribat aktif dalam upaya percepatan penanganan stunting dengan mengoptimalkan pengelolaan UKS. Terlebih, konsep UKS di jenjang pendidikan PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK) masih relatif baru dan berbeda dengan yang ada di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kita akan sinergikan peran UKS dengan persoalan stunting yang juga menjadi fokus isu kesehatan nasional saat ini," tegas Abdurrahman.

Dijelaskannya, selama pelaksanaan peserta akan mendapatkan sejumlah materi terkait. Di antaranya kebijakan kesehatan balita di level PAUD, pengantar mengenai penyakit stunting, serta pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di satuan PAUD.

"Berikutnya, materi yang disampaikan meliputi pelaksanaan sekolah pada satuan PAUD, penilaian perkembangan anak, pencatatan, pelaporan hingga penilaian pertumbuhan anak," lanjut Kabid Pembinaan PAUD Dikmas Disdik Depok.

Kegiatan ini berlangsung mulai 10-11 Agustus 2022 di Jakarta Global University (JGU) dengan jumlah peserta 100 orang.

"Terakhir, saya berharap pembekalan ini bisa membantu para tutor dan guru PAUD dalam mendidik dan memperhatikan kesehatan anak. Mari bersama dukung kemajuan kesehatan di Depok", tutupnya.