Disdik Kota Tangerang Gelar PTM Terbatas Kapasitas 100%

Disdik Kota Tangerang Gelar PTM Terbatas Kapasitas 100% Wali Kota Tangerang Tinjau PTM Terbatas. Sumber Foto: tangerangkota.go.id

Kota Tangerang, Jurnal Jabar - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP dengan kapasitas 100%, Senin (3/1/22).

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan intruksi dari SKB 4 Menteri setelah sebelumnya PTM dimulai September 2021 lalu. Jumlah sekolah yang menggelar PTM terbatas dengan kapasitas 100% ini sebanyak 420 TK, PAUD dan KB, serta 445 SD dan 201 sekolah tingkat SMP.

Kepala Disdik, Jamaluddin, menjelaskan pada kebijakan ini, kapasitas kelas sudah 100%, tetapi masih seminggu dua sampai tiga kali. Sisanya, pembelajaran masih dilakukan secara daring seperti biasanya.

“Secara teknis sebenarnya diatur masing-masing sekolah. Missal dua hari pertama kelas IX dan selanjutnya. Sedangkan untuk fasilitas penerapan Prokes masih sama seperti biasanya. Kabijakan Kantin juga masih sama ditutup, istirahat atau makan minum masih dilakukan di masing-masing kelas,” jelas Jamal dilansir dari tangerangkota.go.id.

Jamal juga menjelaskan, aktivitas ekstrakurikuler sekolah sudah boleh digelar. Namun, secara teknis aktivitasnya hanya diperbolehkan di ruang kelas masing-masing.

“Minggu pertama ini, masih akan kita evaluasi bagaimana dengan konsep dua hari dan kapasitas 100% ini. Selanjutnya, tidak menutup kemungkinan harinya bisa ditambah hingga berstatus normal kembali,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 24 Kota Tangerang, Bustomi, menjelaskan secara umum persiapan PTM Terbatas ini tidak terlalu rumit. Pasalnya, segala pengetatan Prokes sudah berlangsung sejak awal.

"Kami telah memperkuat Satgas Sekolah dan Satgas Kelas dengan lima siswa di setiap kelasnya," ucap Bustomi.

Selain menegur teman kelas yang lalai akan Prokes, para Satgas juga bertugas untuk memperhatikan kondisi kesehatan siswa atau teman sekelasnya, apakah dalam kondisi baik-baik saja atau butuh penanganan.