5360 CPNS Pemkab Bogor Lulus Seleksi Verifikasi Administrasi

5360 CPNS Pemkab Bogor Lulus Seleksi Verifikasi Administrasi Antrean pemohon penerbitan SKCK di Kantor Polres Bogor yang berlokasi di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto&keterangan: Antara).

BOGOR - Sebanyak 5.360 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Bogor yang telah lulus seleksi verifikasi administrasi, menjalani seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, mulai Rabu (19/2) hari ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemerintah Kota Bogor, M Taufik di Kota Bogor, Rabu (19/2), mengatakan, sebanyak 5.360 orang pelamar CPNS yang menjalani SKD. Sebab jumlahnya melampaui kapasitas gedung, maka dibagi menjadi empat gelombang, pada Rabu (19/2) hari ini hingga Sabtu (22/2).

Dari 5.360 peserta dibagi menjadi empat kelompok, yakni peserta yang menjalani SKD pada Rabu (19/2) hari ini sebanyak 1.400 orang, pada Kamis (20/2) sebanyak 1.750 orang, pada Jumat (21/2) 1.400 orang, dan pada Sabtu (22/2) 810 orang.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Daerah CPNS Kabupaten Bogor juga menyelenggarakan SKD CPNS di Gedung Tegar Beriman, selama 13 hari, pada 6-18 Februari 2020.

Lamannya pelaksanaan SKD CPNS oleh Panitia Seleksi Daerah CPNS Kabupaten Bogor, karena banyaknya pelamar CPNS yang telah lulus seleksi administrasi dan tahapan selanjutnya adalah menjalani SKD, yakni sekitar 14.000 orang.

Menurut Taufik, pelaksanaan SKD untuk pelamar CPNS di Pemerintah Kota Bogor, hanya meminjam tempat di Gedung Tegar Beriman.

M Taufik menjelaskan, para pelamar CPNS menjalani seleksi SKD CPNS menggunakan sistem "computer assisted test" (CAT). Sedangkan, materi seleksi meliputi, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi.

Sebelumya, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), membuka formasi penerimaan CPNS di Pemerintah Kota Bogor pada 2019 sebanyak 294 formasi. (Ant).