Dispar Kaltim Dorong Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Medsos

Dispar Kaltim Dorong Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Medsos Dispar Kaltim menggelar Raker Pengembangan Pemasaran Pariwisata (Foto: diskominfo.kaltimprov.com)

Kutai Kartanegara, Jurnal Jabar - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Kerja (Raker) Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata. Kepala Dispar Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan, pihaknya mendorong promosi objek wisata yang ada di kabupaten/kota di Kaltim melalui media sosial atau medsos.

“Pentingnya promosi di era pandemi seperti ini agar pada wisatawan tetap dapat membuat bucket list sebagai persiapan untuk mengunjungi objek wisata. Selain menyajikan berita yang terkini, konsistensi dalam penyajian berita menjadi kunci penting dalam menggaet wisatawan baik nusantara maupun mancanegara,” kata Sri Wahyuni, dikutip Senin (7/3) dari diskominfo.kaltimprov.com.

Sri Wahyuni menjelaskan, dari 10 Dinas yang membidangi pariwisata, sebanyak  9  di antaranya sudah memulai berpromosi melalui akun medsos. Meskipun hanya 6 akun medsos yang memiliki keaktifan dan konsistensi dalam pemberitaan.

Ia menambahkan, pemilihan dalam penggunaan akun medsos juga merupakan langkah dalam menentukan pangsa pasar wisatawan yang selaras dengan survei segmentasi pasar tentunya. Menurut Sri Wahyuni, upaya ini dilakukan agar saat melakukan promosi dengan tepat.

“Pemilihan dalam penggunaan akun media sosial juga merupakan langkah dalam menentukan pangsa pasar wisatawan dibersamai dengan survei segmentasi pasar tentunya, agar pada saat melakukan promosi kita melakukkannya dengan sasaran dan media yang tepat,” ujar Sri Wahyuni.