Korban Banjir Sintang Terima Bansos dari Jokowi

Korban Banjir Sintang Terima Bansos dari Jokowi Presiden Jokowi kunjungi Kabupaten Sintang. Sumber Foto: @jokowi

Sintang, Jurnal Jabar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi korban banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Jokowi mengatakan, pemerintah memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir.

“Saya berkunjung untuk meresmikan bandara, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, dan menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir,” kata Jokowi.

Pada kunjungan ini, Jokowi menjelaskan banjir di Sintang disebabkan dua faktor, yakni hujan ekstrem dan faktor kerusakan lingkungan. Jokowi menilai daerah aliran sungai (DAS) dan wilayah tangkapan air hujan rusak.

"Pertama, memang adanya hujan yang ekstrem, tapi yang kedua ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan," tambah Jokowi, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi memastikan pemerintah akan melakukan penghijauan di sekitar Sungai Melawi dan Sungai Kapuas, membangun persemaian di sekitar DAS, serta penghutanan di daerah hulu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat dikritik oleh warganet dan Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon, karena tidak kunjung meninjau banjir di Kabupaten Sintang pada awal November lalu.