Alat Berat Sulit Akses Titik Longsor Sukabumi, Evakuasi Terpaksa Manual

Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung mengevakuasi korban tanah longsor di Cisolok secara manual.
Rabu, 02 Jan 2019 09:04 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung mengevakuasi korban tanah longsor di Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) secara manual.

Juru Bicara Basarnas Bandung Joshua Banjarnahor menyampaikan, tim dari Kantor Basarnas Bandung, Jakarta dan pusat telah diterjunkan untuk mencari warga yang terdampak longsor.

Sampai saat ini pencarian masih dilakukan secara manual karena alat berat belum bisa masuk ke titik lokasi karena akses jalan sulit, kata Joshua dalam keterangan tertulis di Bandung, Rabu (2/1).

Tim gabungan, kata dia, langsung diterjunkan ke lokasi musibah setelah menerima laporan peristiwa longsor menimbun pemukiman rumah penduduk, Senin (31/12) sore. Pencarian dilaksanakan pada pagi hari. Ada pun pastisipasi dari unsur dari Basarnas, TNI/Polri, BPBD, pemerintah setempat, Pramuka, warga dan potensi SAR lainnya, ungkapnya.

Joshua menyampaikan, akses ke lokasi musibah longsor cukup sulit dengan kondisi jalan yang sempit. Alhasil, kendaraan berat kesulitan menuju lokasi. Sementara, petugas juga melakukan pengamanan agar ambulans dapat mengakses ke lokasi kejadian dengan mudah.

Baca juga :