Belasan Pencari Kerja di Cianjur Tertipu

Para korban dimintai uang Rp2,5 juta oleh pelaku, dengan dalih sebagai jaminan diterima bekerja.
Selasa, 19 Nov 2019 15:49 WIB Author - Rina Suci

CIANJUR - Belasan orang pencari kerja di Cianjur menjadi korban penipuan yang dilakukan SN (25), dengan modus meminta sejumlah uang dengan jaminan dapat diterima bekerja, di perusahaan sepatu terbesar di Cianjur.

Sejumlah 12 orang pencari kerja yang merasa tertipu atas perbuatannya itu, melaporkan SN ke Mapolres Cianjur. Pasalnya, setelah menyerahkan sejumlah uang, mereka tidak kunjung dipanggil untuk bekerja.

Saya tidak curiga karena pelaku wanita yang datang ke rumah menjanjikan saya bisa diterima di perusahaan yang saat ini menjadi incaran pencari kerja di Cianjur, kata Soni seorang korban warga Kecamatan Cilaku pada wartawan, Selasa (19/11).

Ia menjelaskan, mengenal pelaku dari kerabatnya yang sama-sama sedang mencari kerja. Pelaku datang pada bulan September, meminta surat lamaran dan selang beberapa hari meminta uang untuk pelicin, agar cepat dipanggil.

Uang yang diminta Rp2,5 juta ditambah Rp50 ribu katanya untuk tes kesehatan. Penyerahan uang disertai bukti kwitansi yang menyebutkan bahwa uang tersebut sebagai jaminan untuk bekerja di PT Pouyen Indonesia, ungkapnya.

Baca juga :