Cetak Barista Andal, IPB Buka Sekolah Kopi Angkatan Pertama

IPB membuka Sekolah Kopi yang siap melahirkan barista-barista muda berbakat dan bertalenta kuat dalam mengenal cita rasa kopi Nusantara.
Sabtu, 10 Nov 2018 23:13 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BOGOR Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka Sekolah Kopi yang siap melahirkan barista-barista muda berbakat dan bertalenta kuat dalam mengenal cita rasa kopi Nusantara. Sekolah Kopi angkatan pertama itu dibuka secara resmi kemarin oleh Rektor IPB Dr Arif Satria di Fakultas Pertanian IPB, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kami mau mencetak barista tangguh, kata dia, Sabtu (10/11/2018).

Menurut Arif, ide membuka sekolah kopi bagi mahasiswa muncul lantaran saat ini tren kopi sudah begitu luar biasa. Kopi, kata dia, tidak lagi identik dengan orang-orang tua tapi telah bergeser menjadi semacam gaya hidup generasi muda.

Dia mengungkapkan, saat ini anak muda yang menyukai kopi sudah semakin bertambah jumlahnya dan mereka hadir dalam setiap kegiatan ngopi. Kopi sudah menjadi gaya hidup sehingga banyak orang yang tertarik dengan dunia kopi, ucapnya.

Kendati demikian, kata Arif, yang namanya gaya hidup juga punya masanya. Sewaktu-waktu, tren kopi juga bakal mengalami pergeseran lagi. Sekarang, barista atau peracik kopi menjadi profesi paling bergengsi.

Baca juga :