Cuaca Ekstrem di Lebak, Satu Sekolah Rusak Berat

Selain itu, delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan.
Kamis, 25 Nov 2021 09:23 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Lebak, Jurnal Jabar Cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angina kencang di Kabupaten Lebak, Banten, menyebabkan satu unit sekolah rusak berat, Selasa (23/11). Selain itu, delapan siswa mengalami luka ringan akibat terkena puing-puing bangunan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengatakan peristiwa ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang berujung pada meluapnya Sungai Rambut serta memicu terjadinya longsor dan angin kencang di beberapa titik.

Kedelapan titik lokasi bencana tersebut berada di Kecamatan Cigemblong, Kecamatan Maja, Kecamatan Bojongmanik, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Cikulur, Kecamatan Cihara, Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Panggarangan, kata Abdul, Rabu (24/11).

Abdul menjelaskan, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, sebanyak 44 KK (kartu keluarga) terdampak cuaca ekstrem dengan kerugian materiel berupa 35 unit rumah terendam banjir.

Selain itu, 9 rumah mengalami rusak dengan tingkat beragam dari ringan hingga berat. BPBD juga melaporkan 1 unit sepeda motor rusak dan 2 ruas jalan harus terputus akibat longsor.

Baca juga :