FMIPA UI Kembangkan Ekonomi Warga Carita Pascatsunami 2018

FMIPA UI mengembangkan kolam kepiting makara, sebagai model pengembangan ekonomi masyarakat pesisir melalui budi daya kepiting di Banten.
Kamis, 08 Agst 2019 09:59 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) mengembangkan kolam kepiting makara, sebagai model pengembangan ekonomi masyarakat pesisir melalui budi daya kepiting di Desa Sukarame, Carita, Pandeglang, Banten.

Inisiasi kami untuk membentuk kolam kepiting makara diharapkan dapat menjadi salah satu sumber penghasilan warga setempat, kata Ketua Pengabdian Masyarakat FMIPA UI Dimas Haryo di kampus UI Depok, Kamis (8/8).

Dia mengatakan, kombinasi sistem vertikal dan horizontal dalam kolam kepiting makara akan mendorong efisiensi dan efektifitas. Sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di wilayah pesisir.

Tahapan kegiatan terkait dengan kolam kepiting makara, meliputi pembenihan, pembuatan pakan berbasis potensi wilayah, pengenalan teknologi minatransporter.

Juga pengenalan teknologi untuk mengonversi kepiting bakau menjadi kepiting soka, yang lebih diminati dan mempunyai potensi ekspor yang baik.

Baca juga :