Hari Anak Nasional, Anak Pesisir Cirebon Pilih Baca Buku di Atas Perahu

Lokasi TBA yang berhadapan langsung dengan lokasi penambatan perahu nelayan membuat banyak anak-anak memilih untuk membaca di perahu.
Minggu, 24 Jul 2022 21:12 WIB Author - Muhammad Wahid Aziz

Cirebon, Jurnal Jabar - Puluhan anak pesisir di wilayah Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, memilih membaca buku di Taman Bacaan Anak (TBA) Pesisir di Desa Bandenganpada Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

Anak-anak pesisir ini senangkarena bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN), TBA Pesisir kembali dibuka dan bisa diakses oleh anak-anak. Lokasi TBA yang berhadapan langsung dengan lokasi penambatan perahu nelayanmembuat banyak anak-anak memilih untuk membaca di perahu.

Karena tempat ini kecil, sedangkan pengunjungnya ratusan. Sehingga banyak anak-anak yang memilih membaca di perahu, ujar Muhammad Harun, Koordinator Relawan Taman Baca Anak (TBA) Pesisir, Sabtu (23/7).

Harun menuturkan, perpustakaan ini sempat ditutup selama pandemi. Karena hal tersebut, sebagai salah satu wujud antisipasi penyebaran covid 19. Ia menyebutkan, TBA ini baru kembali dibuka hari ini, untuk bisa diakses kembali oleh anak-anak. Setiap harinya, ada sekitar 20-50 anak-anak dari wilayah pesisir Kecamatan Mundu Cirebon, yang mengakses perpustakaan ini.

Kalau hari biasa, 20-50 anak. Tapi kalau hari sabtu, bisa sampai 200 anak. Karena gabungan dari sejumlah desa, kata Harun.

Baca juga :