Kembangkan Wisata di Bogor, Kades Didorong Jeli Gali Potensi Desa

Bupati Bogor, Ade Yasin, mendorong seluruh kepala desa (Kades) jeli dalam menggali potensi desa agar mampu mendorong pengembangan wisata.
Rabu, 15 Des 2021 11:23 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Bogor, Jurnal Jabar Bupati Bogor, Ade Yasin, mendorong seluruh kepala desa (Kades) jeli dalam menggali potensi desa agar mampu mendorong pengembangan wisata. Ade mengatakan, wisata unggulan di Kabupaten Bogor tidak hanya Puncak, melainkan ada di wilayah barat, timur, utara dan tengah seperti Situ Cibinong.

Saya kira harus mulai mengalihkan pariwisata tidak hanya ada di kawasan Puncak tapi banyak potensi wisata yang ada di barat, timur dan utara dan tengah seperti setu (Situ Cibinong) ini. Bahkan di Kelurahan Cirimekar sudah ada alun-alun Cirimekar, ini merupakan potensi wisata karena bersebelahan dengan danau tinggal dimaksimalkan saja, kata Ade, Selasa (14/12).

Ade menilai, wisata desa sebenarnya tidak hanya di ujung desa, tetapi juga di kelurahan ada di tengah kota banyak potensi yang bisa dikembangkan. Menurutnya, dengan penggalian potensi secara maksimal dapat mendorong wisatawan dari luar Kabupaten Bogor, seperti Kota Bogor, Depok, Bekasi dan Jakarta.

Saya kira harus diperlihatkan dan gali terus potensi desa wisata yang ada selain di Puncak. Potensi pengunjung wisata ini harus didukung dengan pengembangan yang tepat sehingga sektor pariwisata mampu mendongkrak pendapatan daerah dan ekonomi daerah, sambungnya.

Ade menjelaskan, selama dua tahun terakhir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan masyarakat menanti agar pandemi cepat berakhir lantaran banyak sektor yang terpuruk, salah satunya wisata termasuk hotel dan restoran. Karena itu, dibutuhkan upaya serius untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Baca juga :