Kemen PUPR Belah Dua Bukit di Kabupaten Bogor

Dua bukit berhutan yang dibelah untuk jalan utama itu, berada di jalan penghubung antara Desa Pasir Madang dengan Desa Cileuksa.
Kamis, 23 Jan 2020 19:00 WIB Author - Rina Suci

SUKAJAYA - Pemerintah Kabupaten Bogor dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berhasil menyambungkan kembali akses desa yang sempat terisolasi, yakni Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya dengan cara membelah dua bukit untuk jalan utama.

Saya sempat ditelepon Pak Menteri PUPR, beliau menyampaikan kesulitan untuk membuka akses jalan yang terputus kecuali dengan membuka jalan baru supaya mempermudah akses, karena jalan yang lama amblas. Intinya, kami akan selesaikan permasalahan infrastrukturnya secara bertahap, ujar Bupati Bogor, Ade Yasin di Kabupaten Bogor, Kamis (23/1).

Dua bukit berhutan yang dibelah untuk jalan utama itu, berada di jalan penghubung antara Desa Pasir Madang dengan Desa Cileuksa. Panjang jalur tersebut sekitar 5,6 kilometer, tanpa ada permukiman karena di kanan-kirinya berupa tebing dan jurang.

Pantauan wartawan di lokasi, jalur baru di atas dua bukit itu memiliki lebar sekitar 8 meter. Jalan pada bukit pertama panjangnya sekitar 700 meter, sedangkan jalan pada bukit kedua memiliki panjang hampir 2 kilometer.

Akses baru menuju Desa Cileuksa ini dapat dimanfaatkan untuk pendistribusian logistik. Sehingga tak perlu lagi repot mengangkutnya dengan helikopter ataupun motor trail, yang bermuatan relatif tak banyak.

Baca juga :