Ketua LKKS Kuningan Sosialisasi Cegah Penyakit Gondok

Sampai hari ini, masih ada masyarakat Kuningan yang terkena penyakit gondok.
Kamis, 19 Des 2019 14:10 WIB Author - Rina Suci

KUNINGAN - Kesenjangan sosial atau kemiskinan, selalu menjadi permasalahan setiap daerah di wilayah kecamatan dan desa, terutama di daerah terpencil.

Hal tersebut perlu mendapat perhatian. Pasalnya, saat ini banyak sekali masalah dalam bidang kesehatan, yang ada di tengah masyarakat Kuningan. Salah satunya adalah masih terdapat masyarakat Kuninganyang terkena penyakit gondok.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama, saat menghadiri Kegiatan Bakti Sosial Sosialiasasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Gondok, yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, di Aula Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Senin (16/12).

Penyakit gondok merupakan salah satu jenis penyakit yang sering ditemui. Ini merupakan pembesaran kelenjar tiroid secara abnormal.

Penderita gondok tidak merasakan nyeri pada sekitar tiroidnya. Namun, tiroid yang makin membesar akan menyebabkan penderitanya sulit menelan, bernafas, hingga batuk. Dalam dunia medis, penyakit gondok lebih sering diidap oleh wanita dibanding pria. Penyakit gondok sebenarnya dapat dikendalikan dengan mengetahui penyebab, gejala dan penyembuhannya, papar Ika.

Baca juga :