Lima Orang Tewas Tertimbun Longsor di Tambang Emas Liar

Bencana longsor terjadi di area tambang emas warga di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kabupaten Bogor.  Bagaimana situasinya?
Selasa, 14 Mei 2019 09:14 WIB Author - Rina Suci

NANGGUNG, BOGOR - Bencana longsor terjadi di area tambang emas warga di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Hujan yang deras dan terus-menerus di hari Minggu (12/5) diduga menjadi penyebab utama longsornya area tambang ilegal tersebut. Timbunan tanah longsor pun dilaporkan mencapai setinggi 110 meter.

Melansir dari Alinea.id, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan upaya pencarian terhadap korban longsor telah dilakukan. Tim pencarian menemukan delapan korban dan limadi antaranya telah tewas.

Struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor, kata Sutopo di Jakarta, Selasa (14/5).

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Bogor, Jawa Barat, AKP Ita Puspita Lena mengonfirmasi kembali bahwa ada delapan penambang liar di sana yang menjadi korban tertimbun longsoran.

Baca juga :