Pemkab Bandung Akan Realokasi Anggaran

Realokasi anggaran untuk mengatasi wabah virus corona atau COVID-19, yang diprediksi cukup panjang dan membutuhkan biaya yang besar.
Rabu, 01 Apr 2020 20:22 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bakal menempuh cara realokasi anggaran untuk mengatasi wabah virus corona atau COVID-19, yang diprediksi cukup panjang dan membutuhkan biaya yang besar.

Bupati Bandung, Dadang Naser, menginstruksikan Perangkat Daerah (PD) untuk mengevaluasi kegiatan infrastruktur yang bisa ditunda, kecuali sektor kesehatan dan pendidikan. Kemudian ia menugaskan seluruh pihak di lingkungan Pemkab Bandung, segera melakukan realokasi anggaran pada masa darurat bencana.

Realokasi anggaran didorong di semua perangkat daerah. Inventarisir segala potensi dari pos anggaran program atau kegiatan secepat mungkin, termasuk anggaran pengamanan Pilkada, kata Dadang dalam keterangannya di Bandung, Rabu (1/4).

Menurutnya, dana realokasi itu harus menyentuh langsung masyarakat untuk membantu menjaga daya beli. Dalam masa penanganan COVID-19 ini, beberapa po anggaran yang dinilai belum dibutuhkan agar segera dialihkan ke pos Bantuan Tidak Terduga (BTT).

Persiapan sembako untuk rakyat yang terdampak sosial ekonomi harus segera dilakukan. Semua PD dan kecamatan saya minta untuk bergerak cepat, gandeng juga CSR (Corporate Social Responsibility) agar bisa berkontribusi, katanya.

Baca juga :