Pemudik, Waspadai Empat Penyakit Ini

Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat mewaspadai empat jenis penyakit yang rawan dialami para pemudik, khususnya di Bekasi. Apa saja?
Kamis, 23 Mei 2019 19:17 WIB Author - Rina Suci

BEKASI - Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat mewaspadai empat jenis penyakit yang rawan dialami para pemudik, khususnya di Bekasi. Selain menyediakan obat-obatan, dinas setempat juga mengimbau agar pemudik menjaga stamina dan kebersihan badan selama mudik.

Keluhan penyakit yang sering dialami pemudik seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dehidrasi, diare dan infeksi jamur, kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Kamis (23/5).

Dezi mengatakan, penyebab dari empat jenis penyakit itu berbeda-beda. Untuk penyakit ISPA disebabkan cuaca ekstrem terutama saat siang hari dan paparan debu di jalanan. Karena itu, pemudik terutama pengendara sepeda motor diwajibkan menggunakan masker saat berkendara.

Kemudian untuk dehidrasi bisa terjadi karena kurangnya asupan air mineral saat berkendara. Bila kondisi ini didiamkan, dikhawatirkan bisa terjadi peningkatan suhu tubuh secara mendadak yang mengakibatkan pingsan seketika.

Kalau lelah segera beristirahat dan bawa bekal yang sehat serta cukup, jangan lupa juga minum air mineral yang cukup, katanya mengingatkan.

Baca juga :