Pengabdian Masyarakat FIK UI Peduli Kesehatan Jiwa Warga

FIK UI melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang mengusung program Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan Penyakit Kronis.
Rabu, 07 Agst 2019 17:15 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas), yang mengusung program Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan Penyakit Kronis.

Kegiatan tersebut dilakukan di tiga desa yaitu desa Banyubiru, desa Sukarame, dan kecamatan Sumber Jaya kabupaten Pandeglang, Banten.

Kegiatan Pengmas ini didasarkan atas tingginya angka gangguan jiwa di Provinsi Banten, sesuai dengan data Riskesdas 2018 tentang kesehatan jiwa tahun 2018, kata Pengabdi Masyarakat FIK UI Ice Yulia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/8).

Data tersebut menyebutkan, angka kejadian gangguan mental emosional di Provinsi Banten mencapai 14 persen, Gangguan jiwa berat adalah 0,57 persen dan Depresi 8,7 persen.

Ice Yulia menuturkan, berdasarkan hasil survei pada daerah Banyubiru didapatkan masalah kesehatan tertinggi adalah penyakit kronis. Dengan rincian, penderita hipertensi mencapai 50 orang, diabetes melitus 30 orang, dan gangguan jiwa berat dua orang.

Baca juga :