Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Guntur Masih Diselidiki

Jajaran Kepolisian Sektor Tarogong Kaler menyelidiki penyebab kebakaran hutan di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Senin, 12 Agst 2019 12:05 WIB Author - Rina Suci

GARUT - Jajaran Kepolisian Sektor Tarogong Kaler menyelidiki penyebab kebakaran hutan di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sementara ini ditemukan adanya dugaan unsur kesengajaan oleh manusia, untuk membuka lahan di lereng gunung.

Betul karena ulah manusia untuk pembukaan lahan di daerah Guntur, kata Kepala Polsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin di Garut, Minggu (11/8).

Ia menuturkan, sejumlah personel telah terjun ke kawasan hutan Gunung Guntur untuk menelusuri penyebab terjadinya kebakaran di hutan, pada musim kemarau tersebut.

Hasil penelusuran, menurut Asep, terjadinya kebakaran hutan itu lebih disebabkan adanya pembukaan lahan oleh sekelompok orang. Sayangnya, mereka diduga membuka lahan dengan membakar alang-alang yang tumbuh kering di kawasan Gunung Guntur.

Sebenarnya ini ulah pemilik lahan yang membuka lahan dengan cara dibakar, api membesar dan merembet ke tanaman ilalang (alang-alang), kata Asep.

Baca juga :