Ridwan Kamil Tak Setuju Wacana Provinsi Bogor Raya

Pemekaran provinsi tak akan berdampak secara ekonomi, karena anggaran dari pusat mengucur ke daerah tingkat dua.
Kamis, 22 Agst 2019 14:21 WIB Author - Tri Kurniawan

BANDUNG - Lebih baik pemekaran kabupaten atau kota ketimbang provinsi. Sebab beragam bantuan keuangan dari pemerintah pusat turum ke daerah tingkat dua, kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pernyataan Kang Emil ini disampaikan menanggapi wacana pemekaran provinsi seperti usulan pembentukan Provinsi Bogor Raya. Menurut Emil, wacana itu tidak relevan dilakukan.

Kalau menurut saya yang berpengaruh itu pemekaran tingkat dua (kabupaten/kota) atau desa, kata Emil usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (22/8).

Wacana Provinsi Bogor Raya pertama kali dimunculkan Wali Kota Bogor Bima Arya. Kajian mengenai usulan itu kini tengah dibahas Pemkot Bogor, meski wacana ini menuai pro dan kontra. Pemkab Bekasi dan Pemkot Depok yang digadang-gadang bergabung, juga menolak. Belakangan wacana ini juga dimentahkan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo.

Menurut Emil, pemekaran provinsi tidak akan berdampak secara anggaran yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Tapi jika dilakukan pemekaran wilayah tingkat dua sebanyak 10 daerah maka jumlah anggaran dari pemerintah pusat ke Provinsi Jabar akan bertambah.

Baca juga :