Sambut Idul Adha, Hewan Kurban Harus Penuhi Syarat

Dislutkanak Cianjur, Jawa Barat mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban, sebagai upaya menjaga kualitas hewan jelang Idul Adha.
Selasa, 02 Jul 2019 13:00 WIB Author - Rina Suci

CIANJUR - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dislutkanak) Cianjur, Jawa Barat mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban, sebagai upaya menjaga kualitas hewan yang akan diperjualbelikan terkait dengan kebutuhan pada Idul Adha mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyrakat Veteriner Dislutkanak Cianjur M. Agung Rianto di Cianjur, Selasa (2/7), mengatakan memasuki peralihan musim dari penghujan ke kemarau saat ini, tidak ada penyakit hewan yang dapat menular dan harus diwaspadai.

Namun, saat peralihan musim seperti ini, biasanya ketersediaan pakan hijauan untuk hewan ternak mulai terbatas, ini akan mengakibatkan hewan ternak mengalami penurunan berat badan, kata Agung.

Ia juga mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap hewan kurban dilakukan lebih dini, agar hewan kurban tersebut memenuhi syarat kesehatan untuk disembelih pada Hari Raya Kurban mendatang.

Agung juga menjelaskan, agar hewan ternak tidak mengalami penurunan berat badan, peternak diimbau untuk meramu asupan makanan yang akan diberikan agar bobot hewan tetap terjaga, hingga akhirnya disembelih pada Hari Raya Kurban.

Baca juga :