Vaksin Polio jadi Pesanan Tertinggi ke Bio Farma

Polio atau disebut juga dengan poliomyelitis merupakan penyakit menular, yang disebabkan oleh infeksi virus.
Jumat, 13 Des 2019 14:52 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Bambang Brodjonegoro, mengatakan permintaan tertinggi untuk vaksin dan serum di PT Bio Farma Persero, saat ini didominasi oleh polio.

Saya tidak tahu hal ini mengejutkan atau tidak, namun permintaan tertinggi adalah untuk polio, kata Bambang saat menerima kunjungan tim peneliti Malaysian Society of Neurosciences (MSN) and Ind Neuroscience Institute (INI) Research Collaboration di Jakarta, Jumat (13/12).

Polio atau disebut juga dengan poliomyelitis merupakan penyakit menular, yang disebabkan oleh infeksi virus di mana hal itu dapat menyerang sistem saraf pusat.

Ia menjelaskan, bahaya penyakit polio itu menyebabkannya menjadi salah satu jenis penyakit yang benar-benar harus diberantas. Namun, apa pun langkah yang telah dilakukan tetap saja virus itu masih ada.

Tidak hanya di Indonesia, berdasarkan ekspedisi oleh PT Bio Farma Persero -- yang berpusat di Kota Bandung --diketahui bahwa wabah yang sama juga ditemukan di wilayah lain Asia Tenggara, khususnya Filipina.

Baca juga :