Wilayah Bandung Barat Kembali Diterpa Banjir dan Longsor

Tiga kecamatan kembali digenangi banjir yaitu Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah dan Kecamatan Bojongsoang.
Senin, 17 Feb 2020 13:16 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Hujan deras yang turun pada Minggu (16/2) siang hingga sore, mengakibatkan sejumlah bencana banjir dan longsor terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, menyebutkan ada tiga kecamatan yang kembali digenangi banjir yaitu Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah dan Kecamatan Bojongsoang.

Yang tertinggi banjir terjadi di Kecamatan Dayeuhkolot, di sana ketinggian air hingga mencapai 150 centimeter, kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Enjang Wahyudin, di Bandung, Senin (17/2).

Akibatnya, puluhan ribu jiwa terdampak oleh bencana banjir yang disebabkan luapan Sungai Citarum itu. Sebelumnya, pada Minggu (16/2), hujan memang mengguyur sebagian besar kawasan Kabupaten Bandung. Sehingga debit air di Citarum naik.

Selain itu, di Kabupaten Bandung ada dua peristiwa longsor dan satu tanggul jebol. Peristiwa longsor itu terjadi di Desa Padasuka, Kecamatan Cimenyan dan di Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali. Sedangkan tanggul jebol terjadi di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk.

Baca juga :