Biji Kurma Berpotensi Menyembuhkan Diabetes

Biji kurma rupanya berkhasiat untuk pengobatan diabetes. Penelitian mahasiswa IPB University memperkuatnya.
Jumat, 23 Agst 2019 10:57 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Rasa manis bagi penderita penyakit diabetes mellitus (kencing manis) agaknya terus menjadi momok yang menakutkan, sehingga persepsi agar menghindari atau bahkan anti untuk mengonsumsinya tidak bisa dihindari.

Salah satunya adalah buah kurma (Phoenix dactylifera), yang biasanya muncul di saat musim haji dan umrah -- sebagai oleh-oleh bagi mereka usai menjalani ibadah itu -- dan juga pada saat bulan Ramadan tiba.

Sama seperti halnya madu yang dihasilkan oleh lebah (Apis sp) yang rasanya manis, konsumsi buah kurma bagi diabetasi -- sebutan umum bagi penderita diabetes -- masih menjadi perdebatan.

Hanya saja, dalam kajian agama Islam, baik madu maupun kurma, sudah ditegaskan, baik di dalam Al Quran dan juga hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, bahwa keduanya dijamin memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dalam laman Jamaah Salahuddin Universitas Gadjah Mada (UGM) (http://js.ugm.ac.id/2019/02/09/kurma-dalam-perspektif-quran-hadits-dan-sains/) berjudul Kurma dalam Perspektif Quran, Hadits, dan Sains disebutkan bahwa Allah SWT menyebutkan mengenai kurma itu dalam Q.S Ar-Rad ayat 4.

Baca juga :