BMKG: Gangguan Atmosfer Sebabkan Hujan Ekstrim

Gangguan atmosfer dalam bentuk Osilasi Madden Julian menyebabkan hujan ekstrim yang menimbulkan banjir di wilayah Indonesia Timur.
Kamis, 13 Jun 2019 15:44 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Gangguan atmosfer dalam bentuk Osilasi Madden Julian menyebabkan hujan ekstrim yang menimbulkan banjir di wilayah Indonesia Timur, begitulah ungkapDeputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo.

Secara umum sebetulnya Indonesia, khususnya bagian selatan ekuator, sedang musim kemarau, tetapi ada gangguan atmosfer dalam bentuk Osilasi Madden Julian yang tumbuh dan berkembang dari Samudera Hindia, katanya di Jakarta, Kamis (13/6).

Fenomena Osilasi Madden-Julian (Madden Julian Oscillation/MJO) adalah fluktuasi intra-musiman dari tekanan atmosfer di atas Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian barat yang bergerak ke arah timur pada daerah tropis.

Mulyono menjelaskan bahwa musim kemarau ditandai dengan adanya dominasi angin dari timur-tenggara di wilayah Indonesia bagian selatan yang menyerbu wilayah-wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, Jawa dan Sumatera bagian selatan yang diprediksi bisa berlangsung hingga September-Oktober.


Di tengah musim kemarau tersebut muncul gangguan atmosfer dalam bentuk MJO yang tumbuh dan berkembang dari Samudera Hindia kemudian merambat ke arah timur di sepanjang ekuator, masuk ke wilayah Indonesia bagian barat dan merambat ke tengah lalu bergeser ke bagian timur.

Baca juga :