Geopark Nasional Bertambah 8, Satu di Antaranya Ada di Bogor

Indonesia kini memiliki 15 geopark nasional yang delapan di antaranya baru mendapatkan sertifikat.
Jumat, 30 Nov 2018 14:16 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BOGOR - Indonesia kini memiliki 15 geopark nasional yang delapan di antaranya baru mendapatkan sertifikat. Dari delapan geopark baru, satu di antaranya berada di Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Penyerahan sertifikat kepada delapan taman bumi baru tersebut digelar di Geopark Pongkor, Museum Tambang Antam, Kabupaten Bogor, Jumat (30/11). Menteri Pariwisata Arief Yahya menyaksikan langsung penyerahan sertifikat pengakuan status Geopark Nasional kepada delapan pemerintah daerah tempat taman bumi tersebut berada.

Arief kepada kepala daerah, dalam pidatonya menyampaikan, agar menindaklanjuti penetapan taman bumi di wilayahnya sebagai geopark nasional. Dia berharap, para kepala daerah dapat berinvestasi untuk mengelola serta mengembangkan potensi yang alam berikan.

Harapannya geopark ini mensejahterakan masyarakat dan semakin melestarikan alam, kata Arief.

Geopark Pongkor, Bogor menjadi satu dari delapan taman bumi yang kini berstatus Geopark Nasional. Pengakuan tersebut menjadi titik awal bagi Bupati Bogor Nurhayanti untuk mengembangkan wilayah Bogor bagian barat yang terdiri dari 18 kecamatan.

Baca juga :