Ingin Pencernaan Sehat? Kurangi Konsumsi Gula

Gula yang tidak alami, dapat menghambat perkembangan bakteri baik dalam usus.
Rabu, 27 Nov 2019 20:00 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Jangan berlebihan dalam menyantap makanan manis, selain bisa menimbulkan obesitas karena asupan kalori terlalu banyak. Terlalu banyak konsumsi gula yang tak alami,dapat memengaruhi suasana hati, hingga menyebabkan masalah pencernaan.

Dokter spesialis gizi klinik Marya Haryono menjelaskan, asupan gula berlebihan dapat mengurangi jumlah bakteri baik dalam pencernaan.

Berdasarkan penelitian dari Oregon State University, Amerika pada 2013, ditemukan fakta bahwa bakteri jahat dalam usus berkembang pesat jika terus diberi asupan gula. Akibatnya, jumlah bakteri baik dalam usus berkurang dan pencernaan terganggu.

Kesehatan pencernaan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti otak, jantung, sistem imunitas, kesehatan kulit, berat badan, ketersediaan hormon, kemampuan menyerap nutrisi, perkembangan sel kanker bahkan mood, ujar Marya di peluncuran Heavenly Blush Tummy Yogurt Tinggi Serat, Jakarta, Rabu (27/11).

Suasana hati bisa ikut terpengaruh, karena hormon serotonin yang mengatur mood dan tidur diproduksi dalam pencernaan. Saat pencernaan tak baik, seseorang bisa mengalami gangguan tidur, insomnia hingga kelelahan kronis.

Baca juga :