Masa Remaja Paling Rentan Alami Gangguan Kejiwaan

Pola asuh dan didik orang tua kepada anak saat kecil menentukan kesehatan mental saat dewasa.
Rabu, 09 Okt 2019 20:38 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Psikiater mengatakan masa remaja adalah periode seseorang paling rentan mengalami gangguan kejiwaan. Dengan kata lain menjadi pemicu terjadinya gangguan kesehatan jiwa pada saat dewasa.

Dokter spesialis kejiwaan dari RS Cipto Mangunkusumo, dr. Sylvia Detri Elvira, Sp.KJ(K), menjelaskan bahwa pada saat remaja seorang anak sedang dalam masa pencarian identitas dirinya, yang menentukan kehidupannya saat dewasa.

Gangguan jiwa terbentuknya paling banyak di masa remaja. Karena pada saat remaja masa menentukan identitas diri itu sangat penting, kata Sylvia dalam acara seminar bertajuk Prevent Suicide by Loving Yourself di Gedung Imeri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu (9/10).

Oleh karena itu, Sylvia menerangkan pentingnya peran orang tua untuk mendampingi anak di masa remajanya. Menurutnya, seharusnya orang tua bisa menjadi teman untuk anaknya.

Ia mengemukakan orang tua harus bisa membuat anak nyaman berada di rumah. Juga nyaman bercerita agar anak tidak mencari hal tersebut di luar rumah.

Baca juga :