Masyarakat Diminta Cermat Memilih Properti

Jangan sampai hanya tergiur dengan harga perumahan yang lebih murah, dibandingkan produk properti lainnya.
Jumat, 10 Jan 2020 16:12 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, meminta masyarakat harus cermat dalam memilih produk properti. Jangan sampai hanya tergiur dengan harga perumahan yang lebih murah, dibandingkan produk properti lainnya.

Masyarakat harus sadar bahwa produk properti itu beraneka ragam dan jangan keliru untuk memilih produk properti yang hanya murah harganya. Jadi masyarakat harus jeli dalam memilih agar tidak keliru dalam membeli rumah, kata Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, M Yusuf Hariagung, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (10/1).

Terkait dengan pengembang perumahan, yang melaksanakan pembangunan rumah bersubsidi dengan harga yang terjangkau, Yusuf menyarankan agar masyarakat dapat mengecek data pengembangnya, melalui aplikasi Sistem Registrasi Pengembang (Sireng).

Masyarakat, lanjutnya dapat mengaksesnya melalui www.sireng.pu.go.id guna melihat identitas, serta nama pengembang perumahan yang melaksanakan pembangunan rumah bersubsidi, di seluruh wilayah di Indonesia.

Silakan cek pengembang perumahan bersubsidi dengan mengakses www.sireng.pu.go.id. Ada sekitar 13.793 pengembang dan 19 asosiasi perumahan yang telah terdaftar di Sireng. Cek dengan cermat apakah ada atau tidak data pengembangnya dan di dalamnya juga ada daftar asosiasi perumahan sebagai pembina pengembang perumahan. Asosiasinya bisa REI, Himperra, Apersi dan lainnya. Jadi ini bagian edukasi kepada masyarakat agar tidak keliru dalam membeli rumah, terangnya.

Baca juga :