Menulis Sambil Berdiri, Stan Lee Si Pencipta Superhero

Stan Lee dikenal karena memberikan sentuhan kompleksitas dan sisi kemanusiaan pada setiap pahlawan super yang dibuatnya.
Selasa, 13 Nov 2018 09:33 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Pencipta karakter Spider Man, Iron Man, Hulk, Black Panther, dan parade pahlawan super Marvel Comics Stan Lee meninggal dunia. Lee mengembuskan napas terakhir di usai 95 tahun, Senin (12/11).

Sebagai penulis dan editor, Lee dapat dikatakan sebagai kunci keberhasilan Marvel. Memulai karier sejak 1960-an, Lee telah berkolaborasi dengan banyak senima ternama di antaranya Jack Kirby dan Steve Ditko. Kerja sama tersebut telah melahirkan sejulah tokoh pahlawan super yang menarik hati banyak generasi muda.

Disney membeli Marvel Entertainment 2009 senilai Rp4 miliar dolar AS untuk memperkaya daftar karakter. Sebagian besar karakter ikonik yang dimiliki Disney adalah karya Lee.

Lee dikenal sebagai peran cameo di sebagian besar film Marvel. Dia menarik seorang gadis yang akan tertimpa reruntuhan dalamkisah Spider-Man (2002), lalu jadi MC di strip club di (Deadpool 2016).

Di film Black Panther yang memperlihatkan pahlawan super berkulit hitam karya Lee, dia menjadi pengunjung kasino. Takkan ada lagi Stan Lee yang lain, ujar Chris Evans yang memerankan sosok Captain America.

Baca juga :