Rentan Diabetes, Warga Bekasi Diminta Berpola Makan Sehat

Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, rentan terserang penyakit kencing manis atau diabetes. Mengapa?
Kamis, 11 Jul 2019 10:32 WIB Author - Rina Suci

BEKASI - Warga Kota Bekasi, Jawa Barat, rentan terserang penyakit kencing manis atau diabetes, mengingat penderita penyakit gula di wilayah tersebut kini telah mencapai puluhan ribu orang.

Berdasarkan data yang kami miliki, sepanjang tahun lalu penderitanya mencapai 47.018 orang. Yang lebih memprihatinkan, penderitanya didominasi oleh kalangan usia produktif, kata Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit pada Dinkes Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, Kamis (11/7).

Dezi mengatakan, jika dikalkulasikan rata-rata setiap bulan jumlah penderita diabetes di Kota Bekasi mencapai 3.900 orang. Untuk data penderita diabetes baru tahun 2019 masih dalam validasi, imbuhnya.

Penyebab banyaknya warga yang terserang diabetes, karena pola makan yang tidak sehat yakni mengonsumsi makanan mengandung gula, dan karbohidrat berlebihan.

Akibatnya, gula darah meningkat hingga menimbulkan penyakit diabetes. Makanan tidak sehat juga memicu sejumlah penyakit selain diabetes. Makanya, jaga pola makan sehat agar tidak menimbulkan penyakit bagi tubuh, ucap Dezi.

Baca juga :