'Wira' Film Terbaru Yayan Ruhiyan

Ia harus menggabungkan banyak elemen dari aneka jenis bela diri untuk film tersebut.
Rabu, 29 Jan 2020 17:00 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Aktor film laga, Yayan Ruhian, yang juga berperan sebagai koreografer pada adegan-adegan laga di film Wira, mengatakan dirinya harus menggabungkan banyak elemen dari aneka jenis bela diri untuk film tersebut.

Karena untuk koreografi film aksi ini, saya harus melihat script, keinginan director, dan melihat siapa pelakunya - apa basic bela dirinya. Misalnya saya di pencak silat, dan Hairul (Azreen) di taekwondo, kata Yayan saat ditemui di Jakarta, Selasa (28/1).

Menurutnya, dengan mengetahui dasar ilmu bela diri yang dikuasai aktor, akan membuat aktor nyaman untuk melakoni adegan tersebut. Serta semakin mempercantik adegan laga di depan kamera.

Lebih lanjut, Yayan mengatakan proses persiapan untuk film Wira hampir mirip dengan apa yang telah ia lakukan di film The Raid (2011). Tiap aktor harus menguasai bela diri yang sesuai dengan penokohan masing-masing.

Sebelum syuting, kami lakukan persiapan tiga bulan. Selama pelatihan ini, misalnya Hairul (Azreen), dia sebagai seorang komando, jadi bela dirinya lengkap - mulai dari teknikal, pesilat, dan street fighting selayaknya warga biasa, katanya.

Baca juga :