Aduan PPDB Paling Banyak di Kota Bandung

Aduan tentang PPDB paling banyak ditemukan di Kota Bandung karena jadi tujuan favorit bersekolah.
Kamis, 27 Jun 2019 12:12 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Panitia Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat (Jabar) 2019 menyatakan, sejauh ini aduan tentang PPDB paling banyak ditemukan di Kota Bandung, karena kotaini merupakan tujuan favorit untuk sekolah.

Kabupaten/kota mana saja yang terdapat banyak aduan PPDB, sejauh ini masih Kota Bandung. Dugaan di daerah lain belum muncul. Saya harap tidak ada ya. Aduan kecurangan banyak terjadi di Kota Bandung karena tujuan favorit untuk sekolah, tulis Panitia PPDB Jabar 2019 Edy Purwanto dalam siaran pers Biro Humas Pemprov Jabar, Kamis (27/6).

Sebelumnya, Tim Investigasi Domisili PPDB 2019 Jabar menemukan 10 kartu keluarga (KK) yang mencurigakan digunakan orang tua calon peserta didik saat mendaftar sekolah.

10 KK mencurigakan tersebut di antaranya KK yang beralamatkan di Kota Bandung seperti di Jalan Bali, Jalan Kalimantan, dan Jalan Sumatera. KK-nya memang ada (di alamat tersebut), tapi orangnya (siswa) tidak di sana. Yang Jalan Bali, Kalimantan, dan Sumatera begitu, jelas Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika.

Edy menambahkan, Panitia PPDB Jabar 2019 menyebutkan pendaftaran dengan sistem online memperkecil tingkat kecurangan dalam PPDB, dan bahkan peserta sulit untuk memanipulasi domisili karena transparansi pendaftaran.

Baca juga :