Antisipasi PMK Jelang Iduladha, Pemprov Kalsel Bentuk Tim Pengawas Hewan Kurban

Pemprov Kalsel terus berupaya mengantisipasi penularan penyakit PMK jelang peringatan Iduladha.
Senin, 27 Jun 2022 16:36 WIB Author - Nadya Angelica

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) jelang peringatan Iduladha dengan membentuk tim pengawas hewan kurban yang bertugas mengawasi hewan kuban bersama tim pengawas kabupaten/kota.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor,atau yang biasa disapa Paman Birin juga meminta pembentukan posko dan gugus tugas penanganan PMK terutama hewan-hewan rentan PMK seperti sapi, kambing dan kerbau.

Saya minta minta posko dan gugus tugas penanganan PMK yang dibentuk, bisa berfungsi secara maksimal. Lakukan pengawasan dan pengetatan lalu lintas hewan rentan PMK seperti sapi, kambing dan kerbau, ujarnya saat Apel Siaga menghadapi bencana asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) dan apel kesiapsiagaan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK), Senin (27/6).

Dikutip dari rilis yang diterima Jurnaljabar.id, Paman Birin menegaskan pihak-pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan terhadap meluasnya penyebaran wabah PMK di Kalsel. Terlebih, Kalsel menjadi salah satu dari 19 provinsi yang tertular.

Pastikan dan lindungi masyarakat kita, bahwa hewan kurban yang dibeli masyarakat bebas dari PMK. Berikan juga informasi yang jelas kepada masyarakat, bahwa hewan yang sembuh dari PMK aman untuk dikonsumsi, pungkasnya.

Baca juga :