Dana Desa Berbau Politik, Pemerintah Tak Perlu Cari Alasan

Pangi Syarwi Chaniago mengatakan pemerintah tidak perlu sibuk mencari alasan soal pemberian dana desa yang dituding bernuansa politik.
Rabu, 24 Okt 2018 10:30 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan pemerintah tidak perlu sibuk mencari alasan soal pemberian dana desa yang dituding bernuansa politik.

Menurutnya, pemrintah tetap fokus memberikan dan membuat kebijakan yang berpihak kepada kepentingan publik. Selanjutnya, kata dia, biar rakyat yang menilai kebijakan yang diberikan pemerintah.

Bicara momentum politik tentu pemerintah tidak mudah membantah tuduhan adanya motif politik dibalik kebijakan populis tersebut. Pada prinsipnya pemerintah tidak perlu sibuk membuat argumentasi untuk membantah semua tuduhan yang bernada negatif dari oposisi, santai saja dengan tuduhan tersebut, kata Pangi dalam keterangan pers, Rabu (24/10).

Penggelontoran dana desa dan selanjutnya untuk kelurahan merupakan bukti kedaulatan rakyat. Menurutnya, pemerintah tak ingin ada kesenjangan atau diskriminasi antara desa dan kota.

Masyarakat miskin tidak hanya ada di desa. Kelurahan juga harus dibantu dan diberdayakan lewat penggelontoran anggaran dana kelurahan, ujarnya.

Baca juga :