Gubernur Emil Ungkapkan Uak-nya Tewas oleh PKI

Keluarga besar Gubernur Ridwan Kamil ternyata punya kisah kelam terkait pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI).
Rabu, 02 Okt 2019 10:07 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Mochamad Ridwan Kamil atau Emil mengungkapkan sebuah cerita tentang Uak-nya (panggilan terhadap kakak dari ayah atau ibu) pernah menjadi korban Partai Komunis Indonesia (PKI).

Saya pribadi punya kenangan pahit terhadap peristiwa ini, karena uaksaya meninggal oleh gerombolan PKI. Jadi itu salah satu memori kelam bangsa ini yang hadir di keluarga saya, kata Gubernur Emil seusai menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/10).

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini mengajak seluruh warga Indonesia, khususnya warga Jawa Barat untuk mendoakan seluruh warga Indonesia yang gugur karena PKI.

Kita doakan juga mereka-mereka yang jadi pahlawan revolusi menjadi catatan sejarah, agar jangan sia-sia pengorbanan para jendral itu, menjadikan semangat bangsa maju, ujar Emil.

Emil mengatakan, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak lepas dari keberhasilan bangsa Indonesia, dalam mempertahankan dan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

Baca juga :