Jabar Saber Hoaks Telah Klarifikasi 2 Ribu Lebih Aduan

Tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks hingga saat ini telah berhasil mengklarifikasi 2.643 aduan.
Jumat, 30 Agst 2019 16:38 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaksadalah salah satu program unggulan Pemprov Jawa Barat (Jabar), di bawah binaan teknis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar. Hingga saat ini telah berhasil mengklarifikasi 2.643 aduan. Klarifikasi ini terkait informasi yang beredar apakah berita disinformasi atau fakta.

Hingga 21 Agustus 2019, Jabar Saber Hoaksberhasil mengklarifikasi 2.643 aduan dari total 4.454 aduan yang masuk, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat Setiaji, di Bandung, Kamis (29/8).

Setiaji mengatakan, Tim Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaksmenjadi garda terdepan dalam mengklasifikasikan, apakah berita tersebut adalah disinformasi atau fakta.

Selain mengklasifikasikan informasi, Jabar Saber Hoaksjuga bertujuan meningkatkan literasi digital masyarakat Jabar, sehingga tidak mudah percaya hoaks.

Tim Jabar Saber Hoakspun telah melakukan sosialisasi di tujuh kabupaten/kota se-Jabar, yakni Kabupaten Sukabumi, Garut, Cianjur, Cirebon, Kota Cirebon, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga :