Jelang Nataru, Kementan Pastikan Stok Pangan Aman

Kementan memastikan pasokan pangan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 aman terkendali.
Rabu, 01 Des 2021 11:25 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Jakarta, Jurnal Jabar - Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Risfaheri, memastikan pasokan pangan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 aman terkendali.

Secara nasional stok pangan kita aman, kita terus melakukan pemantauan agar tidak terjadi kelangkaan pasokan yang menyebabkan lonjakan harga yang tidak terkendali, kata Risfaheri, dalam rilisnya ke wartawan, Selasa (30/11), dilansir dari laman alinea.id.

Risfaheni menjelaskan, Kementan juga telah mengantisipasi potensi kenaikan permintaan bahan pangan di momentum Nataru dengan memantau stok dan kenaikan harga pangan secara berkala. Ia memperkirakan produksi komoditas pangan akhir tahun tidak turun signifikan.

Kami sudah masukan angka koreksi 4 persen dari potensi produksi GKG (gabah kering giling) bulan Oktober-Desember 2021 yang dilaporkan BPS untuk mengantisipasi kehilangan produksi akibat banjir dan OPT (organisme pengganggu tanaman), jelasnya.

Menurut Risfaheri, perkiraan ini didasarkan pada ketersediaan dan kebutuhan pangan yang menunjukkan bahwa 11 komoditas yang dipantau pemerintah dalam kondisi surplus, sehingga masyarakat dapat menyambut akhir tahun dengan aman.

Baca juga :