Mahasiswa Papua Diharap Melanjutkan Pendidikannya

Situasi di luar Papua, terutama di tempat mereka belajar sangat kondusif.
Kamis, 17 Okt 2019 13:05 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Mahasiswa Papua diimbau untuk tidak perlu lagi khawatir kembali ke tempat mereka studi di luar Papua, untuk melanjutkan pendidikannya hingga selesai. Sebab situasi di luar Papua, terutama di tempat mereka belajar sangat kondusif.

Situasi, baik di Jakarta maupun daerah-daerah studi lainnya masih aman dan sangat kondusif. Semua tergantung kepada pribadi masing-masing mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan dan warga sekitar tempat mereka kuliah (kost). Yang penting baginya dalam interaksi tersebut sifat kejujuran harus dikedepankan, kata Jemi Kudiai (32), mahasiswa asal Nabire, Papua, yang sedang kuliah Strata 2 di Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Kamis (17/10).

Mahasiswa Papua seperti Jemi yang sudah berada di Jakarta sejak tahun 2012, merasa nyaman untuk melakukan aktivitas belajar dan menjalani kehidupannya sehari-hari.

Bahkan, sebelum melanjutkan kuliah S2-nya di Jakarta, ia sempat menyelesaikan S1-nya di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD)-APMD, Yogyakarta.

Saat kerusuhan di Papua pecah, Jemi mengaku sudah berusaha menyarankan mahasiswa Papua lainnya untuk tidak termakan isu hoax kemudian pulang kampung.

Baca juga :