Patuh Persyaratan Agar Ekspor Tanaman Hias Lancar

Masih ditemukan kasus penolakan atau bahkan pengembalian tanaman ke negara asal karena misinformasi.
Selasa, 04 Okt 2022 08:11 WIB Author - Hermansah

Peluang ekspor tanaman hias Indonesia masih terbuka lebar. Permintaan dari negara-negara di dunia masih cukup tinggi dengan pertumbuhan pasar sebesar 10,24% pada 2026.

Peluang (ekspor tanaman hias) sangat besar. Perkiraannya tumbuh 10% hingga 2026, kata pemilik RAV House PT Ravindo Sukses Mulia Redi Fajar Kurniawan dalam diskusi daring Alinea Forum bertema Peluang Besar Ekspor Tanaman Hias yang digelar Alinea.id belum lama ini.

Dalam lima tahun terakhir, lanjut Redi, tren hobi tanaman hias meningkat. Penyebabnya, selain ada pandemi Covid-19 yang memaksa orang banyak beraktivitas di rumah, juga dipicu oleh kalangan milenial yang lebih memilih merawat tanaman hias ketimbang hewan peliharaan.

(Data) sales kami selama 2019, 2020, dan 2021 (mencermikan itu). Jadi di April sampai Agustus 2020 itu terjadi peningkatan yang sangat-sangat signifikan dalam hal value yang kita ekspor, kata Redi.

Saat ini pasar tanaman hias secara global mencapai US$27 miliar atau sekitar Rp400 triliun dengan Belanda mendominasi di urutan pertama. Sementara Indonesia masih kalah dari negara Asia lain, seperti Thailand dan Vietnam, meski Indonesia memiliki plasma benih lebih beragam.

Baca juga :