Pemprov Jabar Usul Pembentukan Badan Koordinasi Antarwilayah

Dibuat badan koordinasi antarwilayah supaya penanganan bencana bisa berjalan cepat dan tepat.
Rabu, 08 Jan 2020 22:23 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil atau Emil, menyatakan Presiden RI Joko Widodo menyambut baik usulan pihaknya terkait penanganan bencana, yakni agar dibuat badan koordinasi antarwilayah supaya penanganan bencana bisa berjalan cepat dan tepat.

Agar tidak saling lempar, tapi dikelola oleh lembaga resmi yang nanti mengelola anggaran juga. Contohnya perlu membuat embung di Bogor, DKI Jakarta juga bisa menyumbang. Itu usulan saya ke Pak Jokowi dan beliau mengapresiasi, tapi keputusan ada di beliau, kata Gubernur Ridwan Kamil, Rabu (8/1).

Hari Rabu (8/1) ini, Ridwan Kamil menghadiri rapat penanganan pascabencana banjir dan longsor di Istana Merdeka, Jakarta, dan rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Rapat tadi itu, kami bersama-sama memikirkan secara komprehensif. Jadi, tidak perintah, ini deadline tanggal segini, tidak. Tapi, betul-betul semuanya saling mendengarkan tukar informasi mana yang saat ini harus dikerjakan, kata Emil.

Intinya urusan tanggap darurat harus segera selesai secepatnya dan kami sudah gerak, sekarang memasuki fase pembersihan sisa bencana oleh berbagai pihak, lanjutnya.

Baca juga :