Pemudik Boleh Pakai Kartu BPJS di Semua FKTP

Pemudik yang mengalami gangguan kesehatan tak perlu khawatir lagi, kartu BPJS bisa dipakai di FKTP selama perjalanan mudik.
Senin, 27 Mei 2019 11:46 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, memberikan keleluasaan bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), untuk mengakses fasilitas kesehatan di berbagai tempat selama mudik lebaran.

Asisten Deputi Direksi Bidang Pengelolaan Faskes Rujukan BPJS Kesehatan Beno Herman di Jakarta, Senin (27/5), mengatakan peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Di daerah tujuan jangan khawatir, selama ini kita dapat pelayanan sesuai di kartu kita terdaftar di FKTP mana, tapi untuk daerah tujuan silakan mengakses di FKTP terdekat, walaupun bapak ibu sekalian tidak terdaftar di FKTP tersebut. Bisa mengaksesnya di FKTP mana saja yang menjadi provider kami, papar Beno.

Sementara, apabila di daerah tertentu tidak ada FKTP seperti Puskesmas atau klinik yang buka dan peserta kesulitan mengakses fasilitas kesehatan, maka diperbolehkan langsung mendatangi IGD rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan.

Baca juga :