Rektor UP: Pancasila Relevan Cegah Radikalisme dan Separatisme

Menurut Rektor Universitas Pancasila, nilai dalam Pancasila dapat mencegah radikalisme dan separatisme.
Rabu, 11 Sep 2019 13:00 WIB Author - Rina Suci

PANCASILA RELEVAN MENANGKAL RADIKALISME DAN ISU SEPARATISME
Copyright:ANTARA
Date:Sep 11 08:34
Print: Print Version
Category:PLK
Kembali
JAKARTA - Rektor Universitas Pancasila (UP) Profesor Wahono Sumaryono mengatakan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat relevan untuk menangkal radikalisme dan isu separatisme.

Saya mengajak civitas akademika khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya tidak terpancing dengan isu-isu separatisme, dan tidak menumbuhkan prasangka antargolongan dan meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan, kata Wahono di Kampus Universitas Pancasila yang lokasinya di perbatasan Depok dan Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Ia berharap, semua pihak di kampus mengaplikasikan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Itu kewajiban secara moral, juga menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan kampus dan kehidupan bermasyarakat.

Para jurnalis juga mempunyai fungsi yang sama, yakni sama-sama bagaimana kita bersinergi untuk berbagi informasi yang benar, yang sifatnya mencerdaskan masyarakat, mencerdaskan bangsa dan menuju cita-cita nasional, kata Wahono.

Sedangkan Ketua Pusat Studi Pancasila UP Hendra Nurtjahyo berharap, dari pendidikan Pancasila yang dikembangkan di UP selain mahasiswa dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Juga untuk mencegah benih-benih gerakan dan isu-isu radikalisme, maupun separatisme agar tidak mendapat tempat di kalangan generasi muda.

Baca juga :