SMRC: Mahfud Perkuat Citra Ganjar di Bidang Penegakan Hukum

Mahfud MD dinilai sebagai tokoh yang tepat untuk menjadi pendamping Ganjar.
Rabu, 18 Okt 2023 12:16 WIB Author - Tim redaksi

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD resmi diumumkan sebagai pendamping bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam rapat koordinasi di Kantor DPP PDI-Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10). Pengumuman Mahfud sebagai cawapres dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hadir dalam acara tersebut, pelaksana Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Iswanto Tanoesoedibjo, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar, Arsjad Rasyid.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Mahfud MD merupakan salah satu tokoh yang tepat untuk dijadikan pendamping Ganjar. Reputasi dan rekam jejak Mahfud pada bidang penegakan hukum bakal memperkuat citra Ganjar di depan publik.

Mahfud MD ini selama ini relatif sosok yang tegas berintegritas dan bersih di bidang hukum. Kualitas persona dia dianggap penting oleh publik. Jadi, dengan dia mendampingi Ganjar itu bisa menambah poin kualitas pada Ganjar, kata Saidiman saat dihubungi, beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, Saidiman menilai sosok Mahfud bisa menjadi idola bagi pemilih yang alergi terhadap partai politik. Ia menyebut masih banyak kelompok masyarakatyang memandang negatif partai politik sebagai institusi yang tidak tereformasi dengan baik.

Baca juga :