Strategi Ganjar-Mahfud Merevitalisasi Bulog

Revitalisasi Bulog jadi salah satu program utama Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Minggu, 31 Des 2023 16:25 WIB Author - Tim redaksi

Revitalisasi Badan Urusan Logistik (Bulog) bakal jadi salah satu program utama pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) jika memenangi Pilpres 2024. Revitalitasi lembaga itu jadi bagian dari upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Sekretaris Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto mengatakan pasangan jagoannya berniat mengembalikan peran Bulog seperti semula sebagai pengendali harga pangan dan penampung komoditas dari petani. Salah satu caranya dengan memperkuat infrastruktur Bulog di daerah.

Apa saja fungsi awal Perum Bulog? Bulog akan membeli hasil produksi langsung dari petani sehingga dapat menjaga kestabilan harga dari tingkat produsen ke petani dengan membenahi infrastukturnya,kata Heru kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Heru, Bulog nantinya tidak akan hanya fokus pada komoditas beras. Lembaga yang kini berada di bawah koordinasi Badan Pangan Nasional itu juga bakal mengelelola komoditas beragam jenis pangan lain, seperti jagung dan kedelai. Selain itu juga ada beberapa komoditas lainnya yang telah ditetapkan, imbuh dia.

Terkait strategi mewujudkan Bulog menjadi instrumen pengendali harga komoditas pangan, Heru berkata Ganjar-Mahfud terlebih dahulu memperbaiki anggaran untuk Bulog dan mereformasi manajemen pasokan pangan.

Baca juga :