Survei: Elektabilitas Prabowo Hanya Tertinggal 3,93 Persen dari Jokowi

Indometrik hari ini merilis survei terbaru terkait elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Jumat, 15 Feb 2019 18:31 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

JAKARTA - Indometrik hari ini merilis survei terbaru terkait elektabilitas pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hasilnya cukup ketat, Jokowi hanya unggul 3,93 persen dari Prabowo.

Direktur Riset Lembaga Survei Indomatrik Syahruddin YS mengatakan pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan simpati publik sebesar 44,04 persen, sedangkan pasangan Jokowi-Maruf 47,97 persen. Mereka yang belum menentukan (swing voter) tetapi akan berpartisipasi dalam pilpres sekitar 7,99 persen.

Survei dilakukan Indomatrik pada 21-26 Januari 2019 secara proporsional di 34 provinsi. Responden yang digunakan, yakni para pemilih yang berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di Komisi Pemilihan Umum.

Jumlah responden sebanyak 1.800 orang. Responden dipilih secara random sistematis dengan margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Syahrudin menerangkan, elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 44,04 persen lantaran beberapa responden menginginkan perubahan. Tidak hanya itu, mereka juga mendambakan perbaikan ekonomi, mampu membawa Indonesia lebih baik, dan figur Prabowo-Sandi dipandang berkarakter tegas dan berwibawa.

Baca juga :