Viral Foto Perwira Tinggi Polisi Acungkan 2 Jari, IPW Bilang Begini

Neta S Pane meminta Mabes Polri menjelasan secara transparan tentang foto viral dua perwira tinggi berpakaian dinas mengacungkan dua jari.
Rabu, 21 Nov 2018 17:49 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta Mabes Polri menjelasan secara transparan tentang foto viral dua perwira tinggi berpakaian dinas sambil mengacungkan dua jari.

Menurutnya, hal tersebut seolah-olah sedang mengkampanyekan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasalnya, pasangan tersebut mendapatkan nomor urut 02 pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Penjelasan ini perlu dilakukan untuk klarifikasi tentang netralitas maupun profesionalitas Polri di tahun politik saat ini maupun di Pilpres 2019, kata Pane dalam siaran persnya, Rabu (21/11).

IPW berharap, semua anggota Polri terutama para perwira tinggi bisa menjaga sikap dan menahan diri. Polri, kata dia, sebaiknya tidak tampil dengan simbol yang bisa mengganggu netralitas Polri di tahun politik.

Apa pun alasannya, penampilan simbol simbol yang menyangkut partai atau calon presiden tertentu bisa menimbulkan persepsi negatif yang merugikan netralitas dan profesionalisme Polri, ucapnya.

Baca juga :